Kaos Distro Online dan Aneka Suvenir Kudus | Craftoon

17 Agustus 2019 lalu, kami berbincang santai di kampung halaman, Getassrabi RT 07 RW 04 Getassrabi Gebog Kudus. Perbincangan itu melahirkan gagasan untuk membuat bisnis bersama. Belum terbayang bentuknya apakah koperasi atau lainnya. Yang jelas ide ini harus segera dimulai.

Kami yang terdiri dari remaja kampung sepakat mengusung "craftoon" akronim dari craft dan cartoon (kerajinan tangan dan kartun). Dua hal itu kami ambil melihat latar belakang personel pada pertemuan itu. Ada yang mahir bikin kerajinan berbahan kain flanel, ukir dan melukis.

Kami pun membuat daftar produk berdasarkan potensi yang kami bisa. Kaos kudusan, hiasan ukir, lukisan karikatur dan aneka suvenir berbahan flanel: boneka gantungan kunci, boneka hiasan pensil, bunga, bros, tempat tisu dan sebagainya.

Brand "Craftoon" kami lengkapi dengan tagline "Proud of Local Culture" (bangga dengan budaya lokal). Ini menjadi gerakan kami, setidaknya mengajak diri sendiri untuk bangga dan peduli pada budaya sendiri.

Kami (tentu dengan bangga) meluncurkan produk pertama kami berupa kaos Kudusan dengan desain "Menara" dan "Menari."

Menara selalu melekat di hati warga Kudus sengaja kami usung, sekaligus ikut ambil bagian mengampanyekan nilai-nilai toleransi yang terkandung di dalamnya.

Menara adalah wujud akulturasi budaya. Mengajak semua untuk menghargai perbedaan.

Menari. Desain menari merupakan ekspresi tari kretek Kudus. Tarian kolosal itu menggambarkan proses pembuatan kretek secara tradisional.

Selain bagian budaya Kudus, tari kretek sangatlah dekat dengan kami. Keluarga kami hidup dari industri kretek. Bahkan mayoritas warga di kampung kami.

Demikian, Craftoon adalah bentuk ihtiar kami memberdayakan diri sekaligus mengeksplore dan mengenalkan budaya Kudus. Semoga bermanfaat.

Comment (0)

Post a Comment